%A NOVITA SARI SINTA %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 5 METRO TIMUR %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media realia terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control grup design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 orang peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana yang menunjukkan Fhitung = 12.136 > Ftabel = 4,49. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada model student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD Negeri 5 Metro Timur. The problem in this research was the low learning outcomes fourth grade students at SD Negeri 5 Metro Timur. This research aims to determine the effect of the Student Team Achievement Division (STAD) type cooperative learning model assisted by realia media on student learning outcomes. This type of research is a quasi experimental with a nonequivalent control group design. The population in this study was 36 students and the sample used is a saturated sample. Determining the research sample used purposive sampling technique. Data collection techniques use tests, observation, and documentation. Hypothesis testing uses a simple linear regression test which showed Fhitung = 12.136 > Ftabel = 4,49. The results of the research show that there is a significant influence on the student team achievement division (STAD) model on the science and science learning outcomes of class IV students at SD Negeri 5 Metro Timur. %D 2024 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013053123 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82616