@misc{eprints82625, month = {Maret}, title = {PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SEKOLAH DASAR}, author = {Annisa Ely }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82625/}, abstract = {Masalah penelitian ini adalah pembelajaran di sekolah masih berpusat pada pendidik serta belum menerapkan sistem pembelajaran yang mengarah pada keterampilan abad 21 pada peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh yang positif pada model problem based learning berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretest-posttest control grup desain. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung dengan jumlah 32 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh pada penerapan model problem based learning berbantuan media realia terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika kelas V di SD Negeri 1 Labuhan Ratu. Kata Kunci: berpikir kreatif, media realia, problem based learning} }