creators_name: FITRI , HANDAYANI creators_id: 1913024017 type: other datestamp: 2025-02-08 02:16:41 lastmod: 2025-02-08 02:16:41 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP ispublished: pub subjects: 370 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran OBAK terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII pada materi interaksi antar makhluk hidup. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest non-equivalent. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Data yang diukur dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif berupa nilai keterampilan proses sains yang diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sampel t-test dan data tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan model OBAK yang dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase, diperoleh rata-rata persentase angket tanggapan peserta didik sebesar 76,2% dengan kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model OBAK terhadap keterampilan proses sains peserta didik dengan nilai sig (2-tailed) 0,00<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan model OBAK berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains peserta didik pada materi interaksi antar makhluk hidup dengan lingkungannya di SMPN 2 Rebang Tangkas. Kata Kunci : Model OBAK, Keterampilan Proses Sains, Materi Interaksi antar Makhluk Hidup dengan Lingkungannya date: 2024-08-08 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: FITRI , HANDAYANI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MAKHLUK HIDUP. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82635/1/Abstrak%20_Fitri%20Handayani%20-%20Fitri%20Handayani.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82635/2/Skripsi%20Fitri%20Handayani%20_Tanpa%20Lampiran%20-%20Fitri%20Handayani.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82635/3/Skripsi%20Fitri%20Handayani%20Tanpa%20Bab%204%20%28%20Hasil%20dan%20Pembahasan%20%29%20-%20Fitri%20Handayani.pdf