creators_name: YENI , APRIKA SARI creators_id: 2013031006 type: other datestamp: 2025-02-08 03:10:03 lastmod: 2025-02-08 03:10:03 metadata_visibility: show title: PENGARUH PERENCANAAN KARIER, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG ispublished: pub subjects: 330 subjects: 370 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat alumni FKIP Universitas Lampung untuk melanjutkan studi S2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perencanaan karier, status sosial ekonomi keluarga, dan temn sebaya terhadap minat melanjutkan studi S2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif yang menggunakan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2020 berjumlah 292 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 169 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Pengujian hipotesis dilakukan uji t dan F serta diolah dengan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh secara simultan perencanaan karier, status sosial ekonomi keluarga, dan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi S2 sebesar 0,417 atau 41,7% dan sisanya 58,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Minat Melanjutkan Studi S2, Perencanaan Karier, Status Sosial Ekonomi Keluarga, Teman Sebaya.This research is motivated by the low interest of alumni FKIP University of Lampung to continue the study of S2. This study aims to determine the effect of career planning, family socioeconomic status, and peers on the development of S2 studies. The type of research used is quantitative research using descriptive verification methods that use ex post facto and survey methods. The population in this study was students of the Social Studies Department of FKIP University of Lampung class of 2020 totaling 292 students. The sample used in this study amounted to 169 students with a sampling technique of nonprobability sampling using random sampling. Data collection using questionnaires or questionnaires. Hypothesis testing conducted t and F tests and processed with SPSS vesi 25 program. The results of this study showed that there was a simultaneous influence of career planning, family socioeconomic status, and peers on the interest in continuing S2 studies by 0.417 or 41.7% and the remaining 58.3% were influenced by other factors. Keywords : Interest In Continuing Studies S2, Career Planning, Family Socioeconomic Status, Friends Peer. date: 2024-08-08 date_type: published publisher: UNIVERSITAS LAMPUNG place_of_pub: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN citation: YENI , APRIKA SARI (2024) PENGARUH PERENCANAAN KARIER, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI S2 PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN IPS FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82649/1/Abstrak_Yeni%20Aprika%20Sari%20-%2003_Yeni%20Aprika%20Sari.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82649/2/Tanpa%20Lampiran_Yeni%20Aprika%20Sari%20-%2003_Yeni%20Aprika%20Sari.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82649/3/Tanpa%20Lampiran%20dan%20Pembahasan_Yeni%20Aprika%20Sari%20-%2003_Yeni%20Aprika%20Sari.pdf