%0 Generic %A Ni Made , Viska %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82654 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN MEDIA SEMPOA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 10 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/82654/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis adanya pengaruh dan peningkatan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media sempoa terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu “quasi experiment design” yang merupakan jenis metode penelitian dengan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas pembanding atau kelas kontrol dengan jumlah sampel 39 orang peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini berbentuk tes dan non tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi liniear sederhana dan uji t. Berdasarkan hasil dari teknik analisis data yang telah dilakukan menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan bantuan media sempoa terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Kata kunci: contextual teaching and learning (ctl), hasil belajar, sempoa The problem in this research is the low mathematics learning outcomes of class IV students at SD Negeri 10 Metro Timur. The aim of this research is to describe and analyze the significant influence and improvement in the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with the help of abacus media on students' mathematics learning outcomes. This type of research is quantitative research with an experimental approach method. This research uses a quasi-experimental method "quasi experimental design" which is a type of research method with two classes, namely the experimental class and the comparison class or control class with a sample size of 39 students. The data collection methods used in this research took the form of tests and non-tests. The data analysis technique in this research uses a simple linear regression test and t test. Based on the results of the data analysis techniques that have been carried out, it shows that there is a significant influence on the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model with the help of abacus media on the mathematics learning outcomes of class IV students at SD Negeri 10 Metro Timur. Keywords: abacus, contextual teaching and learning (ctl), learning outcomes