title: EFEKTIFITAS PELATIHAN MODUL EMPLOYABILITY SKILL DENGAN STRATEGI SUPPORT GROUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KESIAPAN KERJA DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI UNIVERSITAS LAMPUNG creator: Marcella , Leolita Jah'ro'i subject: 370 Pendidikan description: Pelatihan modul digunakan untuk menguji apakah strategi support group ini efektif untuk meningkatkan keterampilan kesiapan kerja mahasiswa di UKM Tapak Suci Unila. Fokus utama pelatihan ini adalah dengan menggunakan strategi support group, dalam bentuk diskusi, refleksi, dan sharing informasi maupun pengalaman sehingga memunculkan kelebihan berupa dukungan emosi, dukungan informasi, dukungan pendidikan, dukungan berbasis agama, dukungan kesehatan mental, dukungan minat dan bakat serta dukungan berbasis online. Media yang digunakan berupa modul employability skill. Metode penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan desain nonequevalent control group design Subjek penelitian pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan survei dan penyebaran kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi support group ini dapat memungkinkan terjadinya modifikasi perilaku terhadap peserta pelatihan, karena banyaknya perubahan perilaku yang muncul dan hasil perhitungan menggunakan uji statistik non parametrik uji Man-Whitney menunjukan bahwa, Asymp. Sig.(2-tailed) sebesar p = 0,006 sehingga daapat disimpulkan, bahwa Pelatihan Modul Employability Skill dengan strategi Support Group efektif untuk meningkatkan keterampilan kerja Mahasiswa di UKM Tapak Suci Unila. Kata Kunci : Modul employability skill, Support group ,Kesiapan kerja Module training was used to test whether this support group strategy was effective in improving students' work readiness skills at UKM Tapak Suci Unila. The main focus of this training is to use a support group strategy, in the form of discussion, reflection and sharing of information and experiences so as to bring out advantages in the form of emotional support, information support, educational support, religion-based support, mental health support, interest and talent support as well as support based on on line. The media used is an employability skills module. This research method is a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The research subjects in this study were obtained using random sampling techniques. Data collection techniques used surveys and distributing questionnaires. The results of this research show that this support group strategy can enable behavioral modification of training participants, because there are many behavioral changes that appear and the results of calculations using the non-parametric statistical test Man-Whitney test show that, Asymp. Sig.(2-tailed) is p = 0.006 so it can be concluded that the Employability Skills Module Training with the Support Group strategy is effective in improving students' work skills at UKM Tapak Suci Unila. Keywords: Employability Skills Module, Support Group, Job Readiness publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-03-20 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82655/1/1.%20ABSTRAK%20-%20Marcella%20Leolita%20Jah%27ro%27i.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82655/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Marcella%20Leolita%20Jah%27ro%27i.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82655/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Marcella%20Leolita%20Jah%27ro%27i.pdf identifier: Marcella , Leolita Jah'ro'i (2024) EFEKTIFITAS PELATIHAN MODUL EMPLOYABILITY SKILL DENGAN STRATEGI SUPPORT GROUP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KESIAPAN KERJA DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA TAPAK SUCI UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/82655/