%0 Generic %A BELLA , SELVI LESTARI %C FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:82658 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI %U http://digilib.unila.ac.id/82658/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik kelas X di SMAN 1 Belalau. Penelitian ini menggunakan quasy experiment dengan desain penelitian Post test Only Design Control Group. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 20 peserta didik kelas X B sebagai kelas eksperimen dan 20 peserta didik kelas X A sebagai kelas kontrol. Data kreativitas didapatkan dari hasil post-test (dimensi proses) dan juga dilihat dari produk yang dihasilkan (dimensi produk) sedangkan penggunaan angket digunakan untuk mengetahui tanggapan peserta didik tentang pembelajaran menggunakan PjBL terintegrasi STEM. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata presentase sebesar 75,95 dengan kriteria “sedang” pada kelas eksperimen dan 44,3 dengan kriteria “rendah” pada kelas kontrol. Hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 yang artinya H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PjBL terintegrasi STEM berpengaruh signifikan terhadap kreativitas peserta didik. Kreativitas dimensi proses tertinggi berada pada indikator Flexibelity, sedangkan pada dimensi produknya yang paling tertinggi yaitu indikator Rosulution. Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 92,7 % berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dapat meningkatkan pemahaman materi saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Bioteknologi; Kreativitas; PjBL Terintegrasi STEM.