creators_name: Dina , Silmi Lathifah creators_id: 2018031046 type: other datestamp: 2025-02-08 05:12:21 lastmod: 2025-02-08 05:12:21 metadata_visibility: show title: HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BERBASIS APLIKASI SIMPUS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS MENUR KOTA SURABAYA ispublished: pub subjects: 610 full_text_status: restricted abstract: Latar belakang: Kepuasan pengguna layanan kesehatan merupakan perasaan yang muncul akibat kinerja layanan kesehatan yang diterima melebihi ekspektasinya sendiri. Salah satu bentuk pelayanan kesehatan adalah waktu tunggu yang di dalamnya mencakup waktu tunggu resep. Pengguna layanan kesehatan sebaiknya tidak menunggu terlalu lama untuk resepnya dilayani karena dapat mempengaruhi tingkat kepuasan terhadap suatu layanan kesehatan. Waktu tunggu resep diatur dalam Permenkes Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 yaitu untuk obat jadi ≤ 30 menit dan untuk obat racik ≤ 60 menit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat jadi dan racik berbasis aplikasi SIMPUS dan hubungannya dengan kepuasan pengguna di Instalasi Farmasi Puskesmas Menur Kota Surabaya. Metode: Penelitian ini bersifat non-eksperimental dengan pendekatan cross- sectional dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah systematic simple random sampling. 147 pengguna di Instalasi Farmasi Puskesmas Menur bertindak sebagai subjek penelitian yang mengisi kuesioner RATER (Responsiveness, Assurance, Tangibles, Empathy, Reliability). Hasil: Pada dimensi responsiveness, nilai p-value adalah 0,000. Pada dimensi assurance, nilai p-value adalah 0,004. Pada dimensi tangibles, nilai p-value adalah 0,004. Pada dimensi empathy, nilai p-value adalah 0,000. Pada dimensi reliability, nilai p-value adalah 0,000. Rata-rata waktu tunggu yang diperlukan untuk pelayanan resep berbasis aplikasi SIMPUS di Instalasi Farmasi Puskesmas Menur adalah 9 menit 3 detik untuk obat jadi dan 22 menit 26 detik untuk obat racik. Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep berbasis aplikasi SIMPUS dengan kepuasan pengguna di Instalasi Farmasi Puskesmas Menur Kota Surabaya. Kata kunci: Waktu tunggu pelayanan resep, Kepuasan, Puskesmas Menur. Background: Health service user satisfaction is a feeling that arises because the performance of the health services received exceeds their own expectations. One form of health service is waiting time, which includes prescription waiting time. Health service users should not wait too long for their prescriptions to be served because it can affect the level of satisfaction with a health service. The waiting time for prescriptions is regulated in Permenkes Number 129/Menkes/SK/II/2008, namely for finished non-compound drug ≤ 30 minutes and for compound drugs ≤ 60 minutes. The purpose of this study was to determine the average waiting time for prescription services for non-compound and compound drugs based on the SIMPUS application and its relationship with user satisfaction at the Menur Health Center Pharmacy Installation, Surabaya City. Methods: This research is non-experimental with a cross-sectional approach and uses a questionnaire as research instrument. The sampling technique used was systematic simple random sampling. 147 users at the Menur Health Center Pharmacy Installation acted as research subjects who filled out the RATER (Responsiveness, Assurance, Tangibles, Empathy, Reliability) questionnaire. Results: In the responsiveness dimension, the p-value is 0.000. In the assurance dimension, the p-value is 0.004. In the tangibles dimension, the p-value is 0.004. In the empathy dimension, the p-value is 0.000. In the reliability dimension, the p- value is 0.000. The average of waiting time required for SIMPUS application-based prescription services at the Menur Health Center Pharmacy Installation is 9 minutes 3 seconds for finished non-compound drug and 22 minutes 26 seconds for compound drugs. Conclusion: The results showed that there was a relationship between waiting time for prescription services based on the SIMPUS application and user satisfaction at the Menur Health Center Pharmacy Installation in Surabaya City. Keywords: Waiting time of prescription service, Satisfaction, Menur Health Center. date: 2024-04-22 date_type: published publisher: FAKULTAS KEDOKTERAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Dina , Silmi Lathifah (2024) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP BERBASIS APLIKASI SIMPUS (SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DI INSTALASI FARMASI PUSKESMAS MENUR KOTA SURABAYA. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . document_url: http://digilib.unila.ac.id/82673/1/DINA%20SILMI%20LATHIFAH_2018031046_ABSTRACT%20-%20Dina%20Silmi%20Lathifah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82673/2/DINA%20SILMI%20LATHIFAH_2018031046_FULL%20%28TANPA%20LAMPIRAN%29%20-%20Dina%20Silmi%20Lathifah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82673/3/DINA%20SILMI%20LATHIFAH_2018031046_TANPA%20BAB%204%20%26%20LAMPIRAN%20-%20Dina%20Silmi%20Lathifah.pdf