<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi\r\nperalihan moda transportasi air menjadi darat di Karesidenan Lampung masa\r\nkolonalisme Belanda tahun 1902-1914. Metode yang digunakan dalam penelitian\r\nini adalah metode penelitian historis dengan teknik pengumpulan data melalui\r\nteknik dokumentasi dan teknik studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan\r\nteknik analisis data historis. Peralihan transportasi di Karesidenan Lampung\r\nberawal dengan dikeluarkannya Besluit Belanda tentang pembangunan perlintasan\r\nkereta api dari Tanjung Karang sampai Palembang di Sumatera Selatan.\r\nPemerintah Belanda juga membangun jalan raya dari Teluk Betung menuju\r\nMenggala sejauh 130 KM. Pembangunan transportasi darat bertujuan untuk\r\nefisiensi waktu dan biaya yang diperlukan terutama pada proses pengangkutan\r\nhasil bumi ke wilayah lain. Peralihan juga disebabkan kondisi jalur sungai yang\r\nsemakin memburuk karena pencemaran yang dilakukan oleh masyarakat sekitar.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa peralihan transportasi dilatarbelakangi oleh\r\nkepentingan Belanda berkaitan dengan pengangkutan barang dan hasil bumi yang\r\nbertujuan untuk mempercepat pendistribusiannya ke wilayah-wilayah sekitarnya\r\ndan untuk diperdagangkan ke pasar internasional. Peralihan transportasi di\r\nKaresidenan Lampung juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kemajuan\r\nteknologi, kebijakan Belanda, efisiensi waktu dan biaya operasional serta kondisi\r\ntopografi sungai. Faktor-faktor ini saling berkaitan yang akhirnya mempengaruhi\r\nperalihan penggunaan transportasi air dengan jalur sungai menggunakan kapal\r\nberubah menjadi transportasi darat dengan jalan raya menggunakan mobil dan\r\njalur kereta api.\r\n\r\nKata Kunci: Peralihan, Transportasi Air, Transportasi Darat\r\nThis research aims to determine the factors that influenced the transition from\r\nwater to land transportation modes in the Lampung Residency during Dutch\r\ncolonialism in 1902-1914. The method used in this research is a historical\r\nresearch method with data collection techniques through documentation\r\ntechniques and library study techniques. The data analysis technique uses\r\nhistorical data analysis techniques. The transition to transportation in Lampung\r\nResidency began with the issuance of a Dutch decree regarding the construction\r\nof a railway crossing from Tanjung Karang to Palembang in South Sumatra. The\r\nDutch government also built a highway from Teluk Betung to Menggala for a\r\ndistance of 130 KM. The development of land transportation aims to save time\r\nand costs, especially in the process of transporting agricultural products to other\r\nareas. The transition was also caused by the increasingly deteriorating condition\r\nof the river route due to pollution by the surrounding community. The research\r\nresults show that the shift in transportation was motivated by Dutch interests\r\nrelated to the transportation of goods and agricultural products with the aim of\r\naccelerating their distribution to surrounding areas and for trading on\r\ninternational markets. The transition of transportation in the Lampung Residency\r\nwas also influenced by several factors, namely technological advances, Dutch\r\npolicies, time efficiency and operational costs and topographic conditions of the\r\nriver. These factors are interrelated which ultimately influence the shift in the use\r\nof water transportation from river routes using ships to land transportation using\r\nroads using cars and railways.\r\n\r\nKeywords: Transition, Water Transportation, Land Transportation\r\n"^^ . "2024-04-01" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "HUDA\t"^^ . "NURIL "^^ . "HUDA\t NURIL "^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK - Nuril Huda.pdf"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (File PDF)"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Nuril Huda.pdf"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI\r\nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME\r\n\r\nBELANDA TAHUN 1902-1914 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #82682 \n\nPERALIHAN MODA TRANSPORTASI AIR MENJADI TRANSPORTASI \nDARAT DI KARESIDENAN LAMPUNG MASA KOLONIALISME \n \nBELANDA TAHUN 1902-1914\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "900 Sejarah dan Geografi" . .