%A Amanah Miftakhul %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATA PELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PREZI DAN POWERPOINT DI SMP NEGERI 2 KALIREJO %X Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya penerapan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Prezi dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint kelas IX di SMP Negeri 2 Kalirejo dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran Prezi dibandingkan dengan PowerPoint dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan komparatif. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling berjumlah 56 sampel, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan eksperimen. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji t-Tes Sampel Independen dan Uji t-Tes Sampel Berkorelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPS yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Prezi dan siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran PowerPoint. Pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran Prezi memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan PowerPoint. Hasil tersebut menunjukan bahwa media pembelajaran Prezi lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan media pembelajaran PowerPoint. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran, PowerPoint, Prezi. This research was motivated by low student learning outcomes and the lack of application of learning media in social studies subjects. The aim of this research is to determine the differences in social studies learning outcomes between students who are taught using Prezi learning media and students who are taught using PowerPoint class IX learning media at SMP Negeri 2 Kalirejo and to determine the effectiveness of Prezi learning media compared to PowerPoint in improving student learning outcomes. This research method is quasi experimental with a comparative approach. The sampling technique used was purposive sampling, totaling 56 samples. Data collection techniques used observation, documentation, interviews, tests and experiments. Hypothesis testing in this research uses the Independent Sample t-Test and the Correlated Sample t-Test. The results of this research indicate that there is a significant difference in social studies learning outcomes between students taught using the Prezi learning media and students taught using the PowerPoint learning media. Learning that uses Prezi learning media has higher learning outcomes compared to learning that uses PowerPoint. These results show that the Prezi learning media is more effective in improving student learning outcomes compared to the PowerPoint learning media. Keywords: Learning Result, Learning Media, PowerPoint, Prezi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints82702