TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82757 UR - http://digilib.unila.ac.id/82757/ A1 - Jundi , Naufal Habibi Y1 - 2025/01/03/ N2 - Pantai Rio by the Beach di Lampung Selatan memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Namun, persaingan dengan pantai-pantai lain di wilayah sekitarnya menjadi tantangan dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Oleh karena itu, destinasi wisata perlu melakukan starategi pemasaran yang efektif untuk menaikkan kunjungan wisatawan. Di sisi lain, rutinitas masyarakat yang padat akibat tekanan kerja yang tinggi seringkali memicu stres, sehingga berwisata dapat menjadi alternatif efektif untuk mengatasi tekanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas wisata, daya tarik wisata dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan teknik purplosive sampling yang disebarkan kepada 100 responden, yaitu wisatawan yang mengunjungi Pantai Rio by the Beach dan yang sudah bekerja. Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan berkunjung dibandingkan fasilitas wisata dan daya tarik wisata. Citra destinasi yang kuat dan positif mampu membangun persepsi wisatawan, meningkatkan daya tarik emosional, serta mendorong keputusan berkunjung lebih signifikan. Secara simultan, ketiga variabel ini berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan dengan nilai R Square sebesar 0,365 atau sebesar 36,5%. Kata Kunci: Fasilitas Wisata, Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi, Keputusan Berkunjung, Lampung Selatan PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - PENGARUH FASILITAS WISATA, DAYA TARIK WISATA, DAN CITRA DESTINASI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE PANTAI RIO BY THE BEACH LAMPUNG SELATAN AV - restricted ER -