@mastersthesis{eprints82778, month = {Mei}, title = {PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN IPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR }, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {MUHAMMAD SYAIFULLAH IQBAL }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82778/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen pada pembelajaran IPAS Fase B berbasis masalah yang layak, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R\&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg \& Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 4 Bumi Waras Bandar Lampung. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil rata-rata akhir dari validasi ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh nilai sebesar 87,75\% dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan uji praktisi pendidik 83\% dan peserta didik 82\% dengan kriteria sangat praktis. Teknik analisis data menggunakan uji-z untuk mengetahui kebenaran hasil perolehan skor asesmen dengan tingkat signifikansi 95\% ({\ensuremath{\alpha}} 0.05), dengan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,023 menunjukkan bahwa nilai sig.{\ensuremath{<}} 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima maka instrumen asesmen efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di Sekolah Dasar. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen pada pembelajaran IPAS Fase B berbasis masalah valid, praktis, dan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci: asesmen, berbasis masalah, berpikir kritis dan kreatif. ABSTRACT DEVELOPMENT OF ASSESSMENT INSTRUMENTS IN PROBLEM- BASED PHASE B OF IPAS LEARNING TO MEASURE CRITICAL AND CREATIVE THINKING SKILLS LEARNERS IN ELEMENTARY SCHOOL By IQBAL MUHAMMAD SYAIFULLAH The aim of this research is to develop an assessment instrument for problem- based Phase B IPAS learning that is valid, practical and effective for measuring the critical and creative thinking abilities of students in elementary schools. This type of research is Research and Development (R\&D), with development design referring to Borg \& Gall theory. The population in this study was class IV students at SDN 4 Bumi Waras Bandar Lampung. Data collection tools use valid and reliable test instruments. The final average validation results from material experts, evaluation experts and language experts obtained a score of 87.75\% with very valid criteria. The test results for the educator practitioners were 83\% and the students were 82\% with very practical criteria. The data analysis technique uses the One-Sample Z-Test to determine the correctness of the results of the assessment scores with a significance level of 95\% ({\ensuremath{\alpha}} 0.05), with a significance value of 0.023 obtained, indicating that the sig. value {\ensuremath{<}}0.05 means H0 is rejected and H1 is accepted, so Effective assessment instrument for measuring students' critical and creative thinking abilities in elementary schools. Based on this research, it can be concluded that the assessment instruments for problem-based science learning are valid, practical and effective for measuring the critical and creative thinking abilities of students in elementary schools. Keywords: assessment, problem based, critical and creative thinking} }