<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen pada\r\npembelajaran IPAS Fase B berbasis masalah yang layak, praktis, dan efektif untuk\r\nmengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di Sekolah Dasar.\r\nPenelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D),\r\npengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi dalam\r\npenelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 4 Bumi Waras Bandar Lampung.\r\nAlat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Hasil\r\nrata-rata akhir dari validasi ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli bahasa diperoleh\r\nnilai sebesar 87,75% dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan uji praktisi\r\npendidik 83% dan peserta didik 82% dengan kriteria sangat praktis. Teknik\r\nanalisis data menggunakan uji-z untuk mengetahui kebenaran hasil perolehan skor\r\nasesmen dengan tingkat signifikansi 95% (α 0.05), dengan diperoleh nilai\r\nsignifikansi sebesar 0,023 menunjukkan bahwa nilai sig.< 0,05 maka H0\r\nditolak dan H1 diterima maka instrumen asesmen efektif untuk mengukur\r\nkemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di Sekolah Dasar.\r\nBerdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa instrumen asesmen\r\npada pembelajaran IPAS Fase B berbasis masalah valid, praktis, dan efektif\r\nuntuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik di\r\nSekolah Dasar.\r\nKata Kunci: asesmen, berbasis masalah, berpikir kritis dan kreatif.\r\n\r\nABSTRACT\r\n\r\nDEVELOPMENT OF ASSESSMENT INSTRUMENTS IN PROBLEM-\r\nBASED PHASE B OF IPAS LEARNING TO MEASURE CRITICAL\r\n\r\nAND CREATIVE THINKING SKILLS LEARNERS IN\r\n\r\nELEMENTARY SCHOOL\r\n\r\nBy\r\n\r\nIQBAL MUHAMMAD SYAIFULLAH\r\n\r\nThe aim of this research is to develop an assessment instrument for problem-\r\nbased Phase B IPAS learning that is valid, practical and effective for measuring\r\n\r\nthe critical and creative thinking abilities of students in elementary schools. This\r\ntype of research is Research and Development (R&D), with development design\r\nreferring to Borg & Gall theory. The population in this study was class IV\r\nstudents at SDN 4 Bumi Waras Bandar Lampung. Data collection tools use valid\r\nand reliable test instruments. The final average validation results from material\r\nexperts, evaluation experts and language experts obtained a score of 87.75% with\r\nvery valid criteria. The test results for the educator practitioners were 83% and\r\nthe students were 82% with very practical criteria. The data analysis technique\r\nuses the One-Sample Z-Test to determine the correctness of the results of the\r\nassessment scores with a significance level of 95% (α 0.05), with a significance\r\nvalue of 0.023 obtained, indicating that the sig. value <0.05 means H0 is rejected\r\nand H1 is accepted, so Effective assessment instrument for measuring students'\r\ncritical and creative thinking abilities in elementary schools. Based on this\r\nresearch, it can be concluded that the assessment instruments for problem-based\r\nscience learning are valid, practical and effective for measuring the critical and\r\ncreative thinking abilities of students in elementary schools.\r\n\r\nKeywords: assessment, problem based, critical and creative thinking"^^ . "2024-05-28" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "MUHAMMAD SYAIFULLAH"^^ . "IQBAL "^^ . "MUHAMMAD SYAIFULLAH IQBAL "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - IQBAL MUHAMMAD SYAIFULLAH.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - IQBAL MUHAMMAD SYAIFULLAH.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN\r\nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF\r\nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #82778 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN \nIPAS FASE B BERBASIS MASALAH UNTUK MENGUKUR \nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF \nPESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR \n\n\n" . "text/html" . . . "370 Pendidikan" . . . "372 Pendidikan dasar" . .