@misc{eprints82779, month = {Juni}, title = {PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS}, author = {Zainah Rohantika }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82779/}, abstract = {Pembelajaran online atau daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, koneksivitas, fleksibilitas. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran multi-stage discussion dengan menggunakan media seperti google classroom dan whatsapp. Model pembelajaran multi-stage discussion sangat tepat digunakan agar dapat mengembangkan kualitas berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran hukum newton tentang gravitasi terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik di SMAN 1 Tanjung Raja Kelas X. penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperime dengan desain the matching only post-test kontrol group design, penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Tanjung Raja melibatkan 35 peserta didik kelas ekprimen dan 36 peserta didik sebagai kelas kontol. Hasil penelitian, penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan setiap masing-masing kelas. hasil pretest pada kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol cenderung relative sama dengan selisih 9,1\%, sedangkan pada posttest rata-rata memiliki selisih 15.9\%. Peningkatan dari pretest dan posttest pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16.5\%, dan pada kelas eksperimen 41,5\%. Hasil N- gain diperoleh pada kelas kontrol 0,42 dan kelas eksperimen 0,54 dengan kategori sedang. hasil uji normalitas semua data {\ensuremath{>}} 0,05 maka Ho diterima yang artinya semua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,264 {\ensuremath{>}} 0,05 uji hipotesis independent t-test diperoleh (Sig.2) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05. thitung 97,158 {\ensuremath{>}} ttabel 1,995, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp terhadap higher Order thinking skill, memberikan pengaruh. Kata Kunci : Google Classroom, Higher Order Thinking Skills, Hukum Newton Fisika, Multi-Stage Discussion, Whatsapp} }