%0 Generic %A Rohantika , Zainah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82779 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS %U http://digilib.unila.ac.id/82779/ %X Pembelajaran online atau daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, koneksivitas, fleksibilitas. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran multi-stage discussion dengan menggunakan media seperti google classroom dan whatsapp. Model pembelajaran multi-stage discussion sangat tepat digunakan agar dapat mengembangkan kualitas berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran hukum newton tentang gravitasi terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik di SMAN 1 Tanjung Raja Kelas X. penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperime dengan desain the matching only post-test kontrol group design, penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Tanjung Raja melibatkan 35 peserta didik kelas ekprimen dan 36 peserta didik sebagai kelas kontol. Hasil penelitian, penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan setiap masing-masing kelas. hasil pretest pada kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol cenderung relative sama dengan selisih 9,1%, sedangkan pada posttest rata-rata memiliki selisih 15.9%. Peningkatan dari pretest dan posttest pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16.5%, dan pada kelas eksperimen 41,5%. Hasil N- gain diperoleh pada kelas kontrol 0,42 dan kelas eksperimen 0,54 dengan kategori sedang. hasil uji normalitas semua data > 0,05 maka Ho diterima yang artinya semua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,264 > 0,05 uji hipotesis independent t-test diperoleh (Sig.2) sebesar 0,000 < 0,05. thitung 97,158 > ttabel 1,995, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp terhadap higher Order thinking skill, memberikan pengaruh. Kata Kunci : Google Classroom, Higher Order Thinking Skills, Hukum Newton Fisika, Multi-Stage Discussion, Whatsapp