creators_name: Rohantika , Zainah creators_id: 1713022044 type: other datestamp: 2025-02-10 14:07:29 lastmod: 2025-02-10 14:07:29 metadata_visibility: show title: PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS ispublished: pub subjects: 370 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Pembelajaran online atau daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, koneksivitas, fleksibilitas. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan inovasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran multi-stage discussion dengan menggunakan media seperti google classroom dan whatsapp. Model pembelajaran multi-stage discussion sangat tepat digunakan agar dapat mengembangkan kualitas berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran hukum newton tentang gravitasi terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik di SMAN 1 Tanjung Raja Kelas X. penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperime dengan desain the matching only post-test kontrol group design, penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Tanjung Raja melibatkan 35 peserta didik kelas ekprimen dan 36 peserta didik sebagai kelas kontol. Hasil penelitian, penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan setiap masing-masing kelas. hasil pretest pada kedua kelas eksperimen dan kelas kontrol cenderung relative sama dengan selisih 9,1%, sedangkan pada posttest rata-rata memiliki selisih 15.9%. Peningkatan dari pretest dan posttest pada kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16.5%, dan pada kelas eksperimen 41,5%. Hasil N- gain diperoleh pada kelas kontrol 0,42 dan kelas eksperimen 0,54 dengan kategori sedang. hasil uji normalitas semua data > 0,05 maka Ho diterima yang artinya semua data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas 0,264 > 0,05 uji hipotesis independent t-test diperoleh (Sig.2) sebesar 0,000 < 0,05. thitung 97,158 > ttabel 1,995, artinya Ho ditolak dan Ha diterima, Multi-stage discussion dengan google classroom dan whatsapp terhadap higher Order thinking skill, memberikan pengaruh. Kata Kunci : Google Classroom, Higher Order Thinking Skills, Hukum Newton Fisika, Multi-Stage Discussion, Whatsapp date: 2024-06-13 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rohantika , Zainah (2024) PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82779/1/ABSTRAK%20-%20Rohantika%20Zainah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82779/2/SKRIPSI%20FULL%20-%20Rohantika%20Zainah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82779/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Rohantika%20Zainah.pdf