?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024048&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK&rft.creator=Fara+Dila+%2C+Puteri&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+menganalisis+pengaruh+model+Problem+Based+Learning+(PBL)+berdiferensiasi+konten+terhadap+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik+pada+materi+pencemaran+lingkungan+di+SMP+Negeri+8+Bandarlampung.+Penelitian+menggunakan+quasi+eksperimental+dengan+tipe+non-equivalen+pretest-posttest+control+group+design.+Sampel+diambil+menggunakan+teknik+purposive+sampling+terpilih+kelas+VII+A+berjumlah+30+peserta+didik+sebagai+kelas+eksperimen+dan+kelas+VII+C+berjumlah+29+peserta+didik+sebagai+kelas+kontrol.+Data+kemampuan+berpikir+kreatif+diperoleh+dari+hasil+pretest-posttest+yang+dianalisis+menggunakan+uji+Independent+sample+t-test+dan+data+tanggapan+peserta+didik+mengenai+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berdiferensiasi+konten+dikumpulkan+menggunakan+angket+dan+dianalisis+dengan+persentase.+%0D%0A%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+kemampuan+berpikir+kreatif+sig+(2-tailed)+0%2C00+%3C+0%2C05+dengan+hasil+rata-rata+N-gain+lebih+tinggi+dengan+kategori+sedang+(0%2C43)+dibandingkan+dengan+rata-rata+N-gain+kelas+kontrol+yang+termasuk+kategori+rendah+(0%2C24).+Indikator+kemampuan+berpikir+kreatif+yang+tertinggi+adalah+fluency+(N-gain+0%2C6)+sedangkan+kemampuan+terendah+pada+originality+(N-gain+0%2C38).+Berdasarkan+perolehan+hasil+angket+respon+peserta+didik+didapatkan+rata-rata+96%2C67%25+berpendapat+bahwa+pembelajaran+menggunakan+model+PBL+berdiferensiasi+konten+dapat+meningkatkan+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik.+Dengan+demikian%2C+dapat+disimpulkan+bahwa+penggunaan+model+PBL+berdiferensiasi+konten+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+berpikir+kreatif+peserta+didik.%0D%0A%0D%0A%0D%0AKata+Kunci+%3A+Model+Problem+Based+Learning%2C+Diferensiasi+Konten%2C+Kemampuan+Berpikir+Kreatif%2C+Pencemaran+Lingkungan.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-01-22&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82825%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82825%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82825%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Fara+Dila+%2C+Puteri++(2025)+PENGARUH+MODEL+PROBLEM+BASED+LEARNING+BERDIFERENSIASI+KONTEN+TERHADAP+KEMAMPUAN+BERPIKIR+KREATIF+PESERTA+DIDIK.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82825%2F