TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82825 UR - http://digilib.unila.ac.id/82825/ A1 - Fara Dila , Puteri Y1 - 2025/01/22/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berdiferensiasi konten terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi pencemaran lingkungan di SMP Negeri 8 Bandarlampung. Penelitian menggunakan quasi eksperimental dengan tipe non-equivalen pretest-posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling terpilih kelas VII A berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C berjumlah 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test dan data tanggapan peserta didik mengenai pembelajaran menggunakan model PBL berdiferensiasi konten dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif sig (2-tailed) 0,00 < 0,05 dengan hasil rata-rata N-gain lebih tinggi dengan kategori sedang (0,43) dibandingkan dengan rata-rata N-gain kelas kontrol yang termasuk kategori rendah (0,24). Indikator kemampuan berpikir kreatif yang tertinggi adalah fluency (N-gain 0,6) sedangkan kemampuan terendah pada originality (N-gain 0,38). Berdasarkan perolehan hasil angket respon peserta didik didapatkan rata-rata 96,67% berpendapat bahwa pembelajaran menggunakan model PBL berdiferensiasi konten dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berdiferensiasi konten berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Diferensiasi Konten, Kemampuan Berpikir Kreatif, Pencemaran Lingkungan. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERDIFERENSIASI KONTEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK AV - restricted ER -