creators_name: Shela, Deifani creators_id: 2013043033 type: other datestamp: 2025-02-11 03:23:41 lastmod: 2025-02-11 03:23:41 metadata_visibility: show title: KREATIVITAS SISWA KELAS X PADA MATERI MERANGKAI GERAK KUTTAU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA ispublished: pub subjects: 700 subjects: 702 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas dan faktor-faktor pendorong kreativitas siswa kelas X dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Way Jepara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori kreativitas menurut Munandar. Tahap analisis data yang harus dilalui berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas siswa ditujukan pada strategi empat P yaitu Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk pada kelas X IPS 4, X IPA 6, dan X IPA 1 serta terdapat faktor pendorong kreativitas yaitu internal dan eksternal yang menghasilkan karya drama tari Kuttau. Ditinjau dari Pribadi, siswa mampu berpikir kreatif dalam menentukan ide gagasan cerita pada tarian. Siswa mendapat dorongan dari segi internal (diri sendiri) dan eksternal (lingkungan sekitar). Proses yang dilalui siswa dalam merangkai gerak kuttau pada enam jurus dilalui dengan berpikir imajinatif untuk menciptakan produk kreatif yang dipentaskan pada pagelaran seni dan diperoleh tiga penampil terbaik. Kata kunci: kreativitas, faktor-faktor kreativitas, seni tari, Kuttau This study aims to describe the creativity and factors driving the creativity of class X students in learning dance at SMA Negeri 1 Way Jepara. This research uses descriptive qualitative methods with data collection techniques conducted through observation, interviews, and documentation. This research uses the theory of creativity according to Munandar. The data analysis stages that must be passed are data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of this study indicate that student creativity is aimed at the four P strategy, namely Personal, Encouragement, Process, and Product in classes X IPS 4, X IPA 6, and X IPA 1 and there are factors driving creativity, namely internal and external, which produce Kuttau dance drama works. In terms of Personal, students are able to think creatively in determining the idea of story ideas in dance. Students get encouragement from internal (self) and external (surrounding environment). The process that students go through in arranging kuttau movements in six moves is passed by imaginative thinking to create creative products that are performed at art performances and the three best performers are obtained. Keywords: Creativity, Creativity factors, Art Dance, Kuttau date: 2024-06-20 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Shela, Deifani (2024) KREATIVITAS SISWA KELAS X PADA MATERI MERANGKAI GERAK KUTTAU DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SMA NEGERI 1 WAY JEPARA. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82837/1/1.%20ABSTRAK%20-%20Shela%20Deifani.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82837/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Shela%20Deifani.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82837/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMABAHASAN%20-%20Shela%20Deifani.pdf