@misc{eprints82847, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INSTAGRAM PADA MATERI KONFLIK SOSIAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS}, author = {NISA HAYATUN}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82847/}, abstract = {Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R\&D) dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip yang memiliki tiga tahapan, yaitu planning, design, dan development. Penelitian ini berupa pengembangan video pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk video pembelajaran berbasis Instagram. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media video pembelajaran berbasis Instagram untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Bandarlampung kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran berbasis Instagram dinyatakan valid, praktis, dan efektif, hasil uji kevalidan memperoleh nilai 3,82 dengan kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan memperoleh nilai 94\% dengan kategori sangat praktis dan hasil uji keefektifan memperoleh nilai 81\%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis Instagram valid, praktis, dan efektif, sehingga media yang dikembangkan mampu melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Instagram, Media Pembelajaran This research uses the Research and Development (R\&D) research method using the Alessi and Trollip development model which has three stages, namely planning, design, and development. This research is in the form of developing learning videos to train students' critical thinking skills to know the validity, practicality, and effectiveness of Instagram-based learning video products. The purpose of this research is to describe the characteristics, validity, practicality, and effectiveness of Instagram-based learning video media to train students' critical thinking skills. This research was conducted at SMA Negeri 5 Bandarlampung class XI. The results of this study indicate that Instagram-based learning video media is declared feasible with valid, practical, and effective criteria, the validity test results obtained a score of 3.82 with a very valid category. The practicality test results obtained a value of 94\% with a convenient category and the effectiveness test results obtained a value of 81\%. Therefore, it can be concluded that Instagram-based learning video media is valid, useful, and effective so the media developed can train students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thingking, Instagram, Learning Media} }