%0 Generic %A INDAH VIONA, FITRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:82852 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T IMPLEMENTASI KEEFEKTIFAN e-MODULE INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN ExPRession BERBANTUAN BOOK CREATOR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASI %U http://digilib.unila.ac.id/82852/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan e-module berbasis aktivitas model pembelajaran ExPRession untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi peserta didik pada materi listrik dinamis. Sampel yang digunakan, yaitu peserta didik kelas XII MIPA 2 SMAN 4 Kotabumi dan XII MIPA 3 SMAN 1 Kotabumi Tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Experiment Grup Desain. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest-posttest. Dasar penilaian uji keefektifan terdiri dari uji normalitas, n-gain, paired sample t-test, one way anova, dan effect size. Hasil uji keefektifan dapat dilihat dari skor hasil n-gain dan uji paired sample t-test. Rata- rata nilai pretest pada SMAN 1 Kotabumi sebesar 16.92 dan rata-rata nilai posttest sebesar 68.40 dan rata-rata nilai pretest pada SMAN 4 Kotabumi sebesar 26.52 dan rata-rata nilai posttest sebesar 63. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Artinya, ada perbedaan yang bermakna atau signifikan antara pemahaman peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran ExPRession. Berdasarkan hasil uji beda menggunakan Paired- Sample T-test antara pemahaman awal dan akhir peserta didik dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif berbasis model pembelajaran ExPRession berbantuan book creator untuk melatihkan kemampuan berpikir komputasi efektif digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci : e-Module, kemampuan berpikir komputasi, model pembelajaran .ExPRession The objective of this study is to find out the effectiveness of e-module based activity learning model ExPRession to train the computing thinking ability of learners on dynamic electrical material. The sample used, is the pupils of class XII MIPA 2 SMAN 4 Kotabumi and 12 MIPA 3 SMAN 1 Kotabumi teaching year 2023/2024. The research design used is Pretest-Posttest Experiment Design Group. The research instrument used is a pretest-posttest. Basic evaluation of the effectiveness test consists of the normality test, n-gain, paired sample t-test, one way anova, and effect size. Average pre-test scores on SMAN 1 Kotabumi were 16.92 and a posttest score average of 68.40 and a pre-test score average for SMAN 4 Kotabumi was 26.52 and an average posttest rating of 63. The results of the analysis showed that the Sig. value (2-tailed) = 0,000 < 0.05. In other words, there is a meaningful or significant difference between the students' understanding before and after using the ExPRession learning model. Based on the results of different tests using Paired-Sample T-test between the initial and final understanding of the students can be concluded there are significant differences. So it can be concluded that the interactive e-module based on the learning model ExPRession helps book creators to train the ability to think computing effectively used in learning. Keyword : e-Module, computational thinking skills, ExPRession learning models