TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82860 UR - http://digilib.unila.ac.id/82860/ A1 - MELIYANI , LUTFIAH Y1 - 2024/05/07/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan representasi matematis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung yang berjumlah 301 siswa dan terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B dan VIII G berturut-turut sebanyak 31 dan 30 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data ini menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t). Berdasarkan hasil uji diperoleh bahwa kemampuan representasi matematis siswa dengan problem based learning lebih besar daripada kemampuan representasi matematis yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Kata kunci : kemampuan representasi matematis, pengaruh, problem based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) AV - restricted ER -