TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82865 UR - http://digilib.unila.ac.id/82865/ A1 - Rika, Ayu Agustina Y1 - 2024/08/12/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah siswa belum mampu memahami kariernya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karier pada siswa kelas XI dengan menggunakan informasi karier dalam bimbingan kelompok pada siswa kelas XI SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung. Jenis metode penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengumpulan data menggunakan skala pemahaman karier.Pengujian hipotesis menggunakan uji Wilcoxon program komputerisasi SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,012 pada kelompok eksperimen, yang berarti 0,012 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Pada kelompok kontrol, nilai signifikan sebesar 0,018, yang berarti 0,018 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai post-test kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dengan hasil signifikansi kurang dari 0,05. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa penggunaan informasi karier dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan pemahaman karier siswa kelas XI SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung pada Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci : Bimbingan dan konseling, informasi karier, pemahaman karier. The problem in this study is that students are not able to understand their careers. The purpose of this study is to improve career understanding in grade XI students by using career information in group guidance in grade XI students of SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung. This type of research is a quasi-experimental research. Data collection uses a career understanding scale. Hypothesis testing uses the Wilcoxon test of the SPSS 24 computerized program. The results showed a significant value of 0.012 in the experimental group, which means 0.012 < 0.05, so that Ho was rejected and Ha was accepted. In the control group, the significant value was 0.018, which means 0.018 < 0.05. Thus, it can be concluded that the post-test score of the experimental group is better than that of the control group, shown by a significance result of less than 0.05. Therefore, it can be stated that the use of career information in group guidance can increase the career understanding of grade XI students of SMK Miftahul Ulum Bandar Lampung in the 2023/2024 Academic Year. Keywords: Guidance and counseling, career information, career understanding. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - IMPLEMENTASI PENGGUNAAN INFORMASI KARIER DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIER SISWA KELAS XI DI SMK MIFTAHUL ULUM BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -