TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82882 UR - http://digilib.unila.ac.id/82882/ A1 - Aulya Indah, Noor Amir Y1 - 2025/01/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis percakapan matematis siswa dan guru pada pembelajaran statistika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII-A SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematis mereka yaitu tinggi, sedang, dan rendah, dengan masing-masing kelompok terdiri dari dua siswa. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif mengenai percakapan matematika yang diperoleh melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian memperoleh proporsi percakapan didominasi oleh kategori Teacher Intervention sebesar 51,09%. Tipe percakapan kategori Teacher Intervention, ditemukan (1) question to elicit student thinking (24,11%), (2) question to extend student thinking (4,58%), (3) closed progress details (49,26%), (4) point out recap (10,35%), (5) give instruction (6,36%), (6) simplification (2,21%), (7) request assessment from other student (3,10%). Tipe percakapan kategori Student Intervention, ditemukan (1) explain action (20,24%), (2) explain reason (4,6%), (3) challenging (7,88%), (4) response to closed progress details (53,78%), (5) correct but partial (1,08%), (6) wrong answer (2,00%), (7) sharing (1,23%). Keikutsertaan dalam percakapan ditemukan siswa AT1 paling banyak muncul dengan frekuensi 59 kali atau 42,14%. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS PERCAKAPAN MATEMATIS SISWA DAN GURU PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA AV - restricted ER -