TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82886 UR - http://digilib.unila.ac.id/82886/ A1 - AMI , WAHYUNINGSIH Y1 - 2024/06/13/ N2 - Penelitian ini menelaah pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung semester genap tahun pelajaran 2023/2024 sebanyak 250 siswa yang terpecah dalam sembilan kelas. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan pada teknik purposive sampling, diperoleh kelas XI.1 sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI.2 sebanyak 24 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Teknik tes yang digunakan dalam penghimpunan data penelitian adalah tes uraian pemahaman konsep matematis dengan topik lingkaran. Hasil analisis dengan uji-Mann Whitney diperoleh nilai |z| = 2,04 lebih besar dari ztabel = 1,96 yang menandakan adanya pengaruh dari model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Kata kunci:model pembelajaran inkuiri terbimbing, pemahaman konsep matematis, pengaruh PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024) AV - restricted ER -