@misc{eprints82901, month = {Oktober}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI VIRUS DI SMAN 2 MENGGALA}, author = {Armalia Susanti }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82901/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain melalui pretest posttest quasi eksperimen nonequivalent control group design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas X Ipa 1 (kelas eksperimen) dan X Ipa 2 (kelas kontrol) diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan dengan teknik instrumen tes dan angket. Instrumen tes dalam bentuk soal pilihan jamak sebanyak 15 soal. Instrumen angket berisi pertanyaan terkait respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan e-lkpd. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinya {\ensuremath{<}}0,05 dan kelas eksperimen memperoleh hasil rata- rata N-gain sebesar 0,4061 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata skor N- gain 0,2150 dengan kategori rendah. Hasil angket tanggapan siswa memperoleh rata- rata presentase 73\% dalam kategori diterima dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media e-lkpd terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi virus. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Materi Virus, Media e-lkp } }