@misc{eprints82902, month = {Januari}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI DAN MENGINFERENSI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA }, author = {YANTI APRIZA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82902/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan keterampilan mengamati dan menginferensi pada materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gedong Tataan yang memilih mata pelajaran kimia tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 252 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI.6 sebagai kelas eksperimen dan XI.5 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sumpling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran flipped classroom dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan mengamati berkriteria tinggi di kelas eksperimen dan berkriteria rendah dikelas kontrol serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata n-gain keterampilan meng inferensi berkriteria tinggi di kelas eksperimen dan berkriteria sedang dikelas kontrol serta terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan mengamati dan menginferensi siswa pada materi kesetimbangan kimia.} }