%0 Generic %A Wayan Putri , Widyawati %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:82923 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA PADA MATERI KOLOID %U http://digilib.unila.ac.id/82923/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SiMaYang pada materi koloid dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa. Pada penelitian ini menggunakan desain pretest-postest control group. Populasi yang penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Natar tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sehingga didapatkan kelas XI.1 sebagai kelas kontrol dan XI.2 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dengan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, memiliki rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,69 dengan kriteria “sedang”, sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,28 dengan kriteria “rendah”. Hasil uji effect size kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 97% dengan kriteria efek “besar” menunjukkan bahwa 97% besarnya kemampuan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SiMaYang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi koloid dengan pengaruh yang tinggi.