title: EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI creator: Sindi, Amilia subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam description: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Swasta Hang Tuah Lampung Utara pada Tahun Pelajaran 2024/2025, dan sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes yang merujuk dari Anderson & Krathwohl yaitu meliputi menganalisis (C4) dan mencipta(C6). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain HOTs peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,45 yang berarti kedua kelas memiliki kategori sedang. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain HOTs pada kelas eksperimen yang menggunakan model flipped learning dengan rata-rata n-gain HOTs pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi hidrokarbon. Kata Kunci: Flipped Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Hidrokarbon. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-01-16 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82927/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82927/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/82927/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Sindi, Amilia (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/82927/