creators_name: Sindi, Amilia creators_id: 2013023048 type: other datestamp: 2025-02-12 01:20:50 lastmod: 2025-02-12 01:20:50 metadata_visibility: show title: EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI ispublished: pub subjects: 507 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Metode dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Swasta Hang Tuah Lampung Utara pada Tahun Pelajaran 2024/2025, dan sampel penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes yang merujuk dari Anderson & Krathwohl yaitu meliputi menganalisis (C4) dan mencipta(C6). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain HOTs peserta didik pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dan kelas kontrol sebesar 0,45 yang berarti kedua kelas memiliki kategori sedang. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata n-gain HOTs pada kelas eksperimen yang menggunakan model flipped learning dengan rata-rata n-gain HOTs pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model flipped learning berbantuan visualisasi molekul 3D efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi hidrokarbon. Kata Kunci: Flipped Learning, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Hidrokarbon. date: 2025-01-16 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2013023048 citation: Sindi, Amilia (2025) EFEKTIVITAS MODEL FLIPPED LEARNING BERBANTUAN VISUALISASI MOLEKUL 3D PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82927/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82927/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82927/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf