TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82960 UR - http://digilib.unila.ac.id/82960/ A1 - Fitri , Nur Indah Sari Y1 - 2024/10/15/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PjBL-STEM dengan strategi design thinking terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi global warming. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Pringsewu dengan desain penelitian yaitu non-equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah saol tes uraian. Pembelajaran menggunakan PjBL-STEM dengan strategi design thinking meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen sebesar 0.6130 lebih besar dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar N-gain 0.5051 yang berada pada kategori sedang. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mempunyai perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini juga didukung oleh data hasil uji hipotesis Independent Sampel T-Test diperoleh nilai Sig. Sebesar 0.003, maka dapat diambil keputusan bahwa penerapan PjBL-STEM dengan strategi design thinking dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi global warming. Kata Kunci : PjBL-STEM, Design Thinking, Kemampuan Berpikir Kritis, Global Warming. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - IMPLEMENTASI PjBL-STEM DENGAN STRATEGI DESIGN THINKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI GLOBAL WARMING AV - restricted ER -