%0 Thesis %9 Masters %A SITI , KHOMAIRROH %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:82975 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA BERBASIS INQUIRY SOCIAL COMPLEXITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/82975/ %X Masalah penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk berupa buku saku IPA berbasis Inquiry Social Complexity yang valid, praktis dan efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan Research and Developments (R&D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model ADDIE dengan lima tahapan yaitu:Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Rayon II Kecamatan Sidomulyo. Sampel penelitian ini ditentukan dengan Teknik Cluster Random Sampling yang sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Teknik analisis data menggunakan uji independent t-test dengan hasil perhitungan sebesar 0,009 kurang dari 0,05 di kelompok kelas sebelum menggunakan produk dan sesudah menggunakan produk. Skor validasi ahli materi dengan indeks aiken sebesar 0,86 sangat valid, skor validasi ahli media dengan indeks aiken sebesar 0,88 sangat valid, dan skor validasi ahli bahasa indeks aiken 0,87 sangat valid. Tingkat kepraktisan oleh pendidik 88,04 dengan interpretasi sangat praktis dan kepraktisan oleh peserta didik sebesar 86,74 interpretasi sangat praktis. Keefektifan buku berdasarkan uji N gain sebesar 0,43 dengan kategori efektif. Berdasarkan data yang didapatkan dari hasil penelitian tersebut buku saku IPA berbasis Inquiry Social Complexity untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik valid untuk digunakan, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci: Berpikir kritis, Buku Saku, Inquiry Social Complexity This research problem begins with the results of a needs analysis on student learning. The research aims to produce a product in the form of a science-based pocket book Inquiry Social Complexity valid, practical and effective to improve students' critical thinking skills. Type of research used Research and Developments (R&D). Development is carried out referring to the model ADDIE with five stages namely:Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation. The population of this study was class V students at SD Rayon II, Sidomulyo District. This research sample was determined by technique Cluster Random Sampling which is in accordance with the research objectives. The research results include the validity, practicality and effectiveness of the product. Data analysis techniques use tests independent t-test with a calculation result of 0.009 less than 0.05 in the class group before using the product and after using the product. The material expert validation score with an Aiken index of 0.86 is very valid, the media expert validation score with an Aiken index of 0.88 is very valid, and the linguist validation score with an Aiken index of 0.87 is very valid. The level of practicality by educators is 88.04 with a very practical interpretation and practicality by students is 86.74 with a very practical interpretation. The book's effectiveness based on the N gain test is 0.43 in the effective category. Based on the data obtained from the research results, the science pocket book is based Inquiry Social Complexity to improve students' critical thinking skills, valid to use, practical and effective in improving students' critical thinking skills. Keywords: Critical thinking, Pocket Book,Inquiry Social Complexity