?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM%0D%0AMENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+PADA%0D%0AMATERI+KOLOID&rft.creator=ROSYA%2C+MAYOLA&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=540+Kimia+dan+ilmu+yang+berhubungan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mendeskripsikan+efektivitas+model+pembelajaran%0D%0Aflipped+classroom+dalam+meningkatkan+keterampilan+proses+sains+pada+materi%0D%0Akoloid.+Metode+penelitian+yang+digunakan+yaitu+quasi-experimental+dengan%0D%0Apretest%CB%97posttest+control+grup+design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+yaitu+seluruh+siswa+kelas+XI+IPA+MAN+2+Bandar+Lampung+Tahun+Ajaran+2023%2F2024.%0D%0APengambilan+sampel+pada+penelitian+ini+menggunakan+teknik+purposive%0D%0Asampling%2C+sehingga+terpilih+kelas+XI+IPA+5+sebagai+kelas+kontrol+dan+kelas+XI%0D%0AIPA+2+sebagai+kelas+eksperimen.+Hasil+penelitian+menunjukkan+bahwa+rata%CB%97%0D%0Arata+n%CB%97Gain+keterampilan+proses+sains+di+kelas+eksperimen+sebesar+0%2C71+lebih%0D%0Atinggi+dibandingkan+kelas+kontrol+yaitu+0%2C45.+Hasil+pengujian+hipotesis+dengan+uji+Independent+Sample+T%CB%97test+menunjukkan+bahwa+terdapat+perbedaan%0D%0Arata%CB%97rata+n%CB%97Gain+yang+signifikan+antara+kelas+eksperimen+yang+menerapkan%0D%0Amodel+flipped+classroom+dan+kelas+kontrol+yang+menerapkan+pembelajaran%0D%0Akonvensional%2C+sehingga+model+pembelajaran+flipped+classroom+efektif+dalam%0D%0Ameningkatkan+keterampilan+proses+sains+pada+materi+koloid.%0D%0AKata+kunci%3A+flipped+classroom%2C+keterampilan+proses+sains%2C+koloid&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-01-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82979%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82979%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82979%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++ROSYA%2C+MAYOLA++(2025)+EFEKTIVITAS+MODEL+PEMBELAJARAN+FLIPPED+CLASSROOM+DALAM+MENINGKATKAN+KETERAMPILAN+PROSES+SAINS+PADA+MATERI+KOLOID.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F82979%2F