TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82979 UR - http://digilib.unila.ac.id/82979/ A1 - ROSYA, MAYOLA Y1 - 2025/01/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi koloid. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experimental dengan pretest?posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata? rata n?Gain keterampilan proses sains di kelas eksperimen sebesar 0,71 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 0,45. Hasil pengujian hipotesis dengan uji Independent Sample T?test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata?rata n?Gain yang signifikan antara kelas eksperimen yang menerapkan model flipped classroom dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional, sehingga model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi koloid. Kata kunci: flipped classroom, keterampilan proses sains, koloid PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID AV - restricted ER -