TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints82989 UR - http://digilib.unila.ac.id/82989/ A1 - RIDHA , ANTIKA Y1 - 2024/07/08/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan bimbingan kelompok teknik homeroom dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII.2 di SMP Negeri 1 Gadingrejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan model one group pretest-posttest design. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar. Sampel yang berjumlah 8 siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji T. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar terhadap siswa yang diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom. Hasil penelitian menunjukkan siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom memiliki rata-rata skor motivasi belajar 51.50 (kategori rendah). Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik homeroom meningkat menjadi 71.00. Berdasarkan analisis uji t (t test) diperoleh nilai thitung= 16,523 dengan p= 0,000 ; p< 0,05. Berdasarkan perhitungantersebut maka Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima. Artinya motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layananbimbingan kelompok teknik homeroom. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, teknik homeroom, motivasi belajar. The problem in this research is students who have low learning motivation. This research aims to determine the use of homeroom technique group guidance in increasing the learning motivation of class VIII.2 students at SMP Negeri 1 Gadingrejo. This research is experimental research with a one group pretest- posttest design model. The technique used in this research is a data collection technique using a learning motivation scale. The sample consisted of 8 students who had low learning motivation. The data analysis technique used is the T test. The research results showed that there was an increase in learning motivation for students who were provided with homeroom engineering group guidance services. The research results showed that students before being given homeroom engineering group guidance services had an average learning motivation score of 51.50 (low category). After being provided with guidance services, the homeroom technical group increased to 71.00 (medium category). Based on the t test analysis, the value obtained thitung= 16.523 with p= 0.000; p< 0.05. Based on these calculations, the research Ho is rejected and the research Ha is accepted. This means that student learning motivation can be increased through homeroom engineering group guidance services. Keywords: group guidance services, homeroom techniques, learning motivation. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK HOMEROOM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII.2 DI SMP NEGERI 1 GADINGREJO TAHUN AJARAN 2022/2023 AV - restricted ER -