@misc{eprints82992, month = {Oktober}, title = {PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN RAJABASA}, author = { Briliance Ikhsan Barine }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82992/}, abstract = {Peran Guru Penggerak di Kecamatan Rajabasa menarik untuk diteliti karena menggambarkan berbagai upaya kreatif dan kolaboratif dalam memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah maupun melibatkan orang tua peserta didik dalam paguyuban serta komunitas untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik. Penelitian ini fokus pada pembahasana Peran Guru Penggerak Di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Rajabasa Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Penelitian ini dilakukan di SDN Pulau Sebuku, SDN 1 Kunjir serta SDN 2 Kunjir di Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Guru Penggerak dalam implementasi Kurikulum Merdeka dapat dilihat dari pengimbasan dalam sosialisasi Kurikulum Merdeka, membantu sekolah melaksanakan ekstrakulikuler, intrakulikuler serta kokulikuker dengan baik. Mewujudkan mimpi bersama dengan menciptakan suasana belajar di sekolah yang berpihak pada peserta didik. Penelitian ini bisa menjadi acuan sekolah dalam mengembangkan Kurikulum Merdeka melalui peran Guru Penggerak. Semangat Guru Penggerak akan terus optimal seiring kelengkapan sarana prasarana dari pemerintah untuk menunjang kegiatan belajar mengajar maupun sosialisasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat memperkuat konstruksi pendidikan yang bermakna dalam kaitannya dengan penelitian ini. Kata Kunci : Peran, Guru, Penggerak, Kurikulum, Merdeka The role of motivating teachers in Rajabasa District is interesting to research because it illustrates various creative and collaborative efforts in utilizing school resources and involving parents of students in associations and communities to realize learning that is in favor of students. This research focuses on discussing the role of driving teachers in elementary schools throughout Rajabasa sub-district in implementing the Independent Curriculum. This research was conducted at SDN Pulau Sebuku, SDN 1 Kunjir and SDN 2 Kunjir in Rajabasa District, South Lampung. This research is qualitative research using interviews, documentation and observation in data collection. The research results show that the role of the Driving Teacher in the implementation of the Independent Curriculum can be seen from the influence in the socialization of the Independent Curriculum, helping schools implement extracurricular, intracurricular and co-curricular activities well. Making dreams come true together by creating a learning atmosphere at school that favors students. This research can be a reference for schools in developing the Independent Curriculum through the role of the Driving Teacher. The enthusiasm of motivating teachers will continue to be optimal along with the completeness of infrastructure from the government to support teaching and learning activities and the socialization of the Independent Curriculum so that it can strengthen the construction of meaningful education in relation to this research. Keywords: Role, Teacher, Driving, Curriculum, Independent} }