@misc{eprints82996, month = {Juli}, title = {PENGARUH KONTEN KEORGANISASIAN AKUN TIKTOK @KOMUNIKASIUNILA TERHADAP MINAT MAHASISWA BARU UNTUK BERORGANISASI}, author = {Putrie Nabilla Salsabila}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/82996/}, abstract = {Media sosial menjadi bagian kehidupan dari manusia. Media soal merupakan platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten dan terlibat dalam aktivitas sosial secara online. Media sosial hadir membawa perkembangan internet yang berguna untuk kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode survei yang digunakan bertujuan untuk memperoleh data dari tempat tertentu. Jumlah sampel 124 responden berdasarkan rumus slovin. Uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji signifikansi pengaruh parsial (uji t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung berpengaruh sebesar 38,7\% terhadap variabel minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Sedangkan sisanya 61,3\% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Maka dapat disimpulkan bahwa model teori Elaboration Likelihood Model pada konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Rekomendasi untuk peneltiian selanjutnya agar dapat meneliti faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti konten-konten dari media sosial ataupun pengaruh dari lingkungan sekitar itu sendiri. Sehingga dapat diketahui seluruh faktor yang mempengaruhi minat berorganisasi mahasiswa. Kata Kunci : Pengaruh Konten Keorganisasian, Minat Berorganisasi, Tiktok Media sosial menjadi bagian kehidupan dari manusia. Media soal merupakan platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten dan terlibat dalam aktivitas sosial secara online. Media sosial hadir membawa perkembangan internet yang berguna untuk kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode survei yang digunakan bertujuan untuk memperoleh data dari tempat tertentu. Jumlah sampel 124 responden berdasarkan rumus slovin. Uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji signifikansi pengaruh parsial (uji t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung berpengaruh sebesar 38,7\% terhadap variabel minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Sedangkan sisanya 61,3\% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Maka dapat disimpulkan bahwa model teori Elaboration Likelihood Model pada konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Rekomendasi untuk peneltiian selanjutnya agar dapat meneliti faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti konten-konten dari media sosial ataupun pengaruh dari lingkungan sekitar itu sendiri. Sehingga dapat diketahui seluruh faktor yang mempengaruhi minat berorganisasi mahasiswa. Kata Kunci : Pengaruh Konten Keorganisasian, Minat Berorganisasi, Tiktok} }