creators_name: Nabilla Salsabila, Putrie creators_id: 2056031019 type: other datestamp: 2025-02-11 07:18:38 lastmod: 2025-02-11 07:18:38 metadata_visibility: show title: PENGARUH KONTEN KEORGANISASIAN AKUN TIKTOK @KOMUNIKASIUNILA TERHADAP MINAT MAHASISWA BARU UNTUK BERORGANISASI ispublished: pub subjects: 300 subjects: 380 full_text_status: restricted abstract: Media sosial menjadi bagian kehidupan dari manusia. Media soal merupakan platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten dan terlibat dalam aktivitas sosial secara online. Media sosial hadir membawa perkembangan internet yang berguna untuk kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode survei yang digunakan bertujuan untuk memperoleh data dari tempat tertentu. Jumlah sampel 124 responden berdasarkan rumus slovin. Uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji signifikansi pengaruh parsial (uji t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung berpengaruh sebesar 38,7% terhadap variabel minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Sedangkan sisanya 61,3% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Maka dapat disimpulkan bahwa model teori Elaboration Likelihood Model pada konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Rekomendasi untuk peneltiian selanjutnya agar dapat meneliti faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti konten-konten dari media sosial ataupun pengaruh dari lingkungan sekitar itu sendiri. Sehingga dapat diketahui seluruh faktor yang mempengaruhi minat berorganisasi mahasiswa. Kata Kunci : Pengaruh Konten Keorganisasian, Minat Berorganisasi, Tiktok Media sosial menjadi bagian kehidupan dari manusia. Media soal merupakan platform digital yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi, berbagi konten dan terlibat dalam aktivitas sosial secara online. Media sosial hadir membawa perkembangan internet yang berguna untuk kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Elaboration Likelihood Model. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode survei yang digunakan bertujuan untuk memperoleh data dari tempat tertentu. Jumlah sampel 124 responden berdasarkan rumus slovin. Uji hipotesis menggunakan uji koefisien determinasi (R2 ) dan uji signifikansi pengaruh parsial (uji t) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung berpengaruh sebesar 38,7% terhadap variabel minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Sedangkan sisanya 61,3% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Maka dapat disimpulkan bahwa model teori Elaboration Likelihood Model pada konten keorganisasian tiktok HMJ Ilmu Komunikasi Universitas Lampung memiliki pengaruh terhadap minat mahasiswa baru untuk berorganisasi. Rekomendasi untuk peneltiian selanjutnya agar dapat meneliti faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti, seperti konten-konten dari media sosial ataupun pengaruh dari lingkungan sekitar itu sendiri. Sehingga dapat diketahui seluruh faktor yang mempengaruhi minat berorganisasi mahasiswa. Kata Kunci : Pengaruh Konten Keorganisasian, Minat Berorganisasi, Tiktok date: 2024-07-15 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Nabilla Salsabila, Putrie (2024) PENGARUH KONTEN KEORGANISASIAN AKUN TIKTOK @KOMUNIKASIUNILA TERHADAP MINAT MAHASISWA BARU UNTUK BERORGANISASI. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/82996/1/ABSTRAK%20-%20nabilla.salsabilaputrie2019%20nabilla.salsabilaputrie2019.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82996/2/SKRIPSI%20FUL%20TANPA%20LAMPIRAN%20-%20nabilla.salsabilaputrie2019%20nabilla.salsabilaputrie2019.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/82996/3/SKRIPSI%20FUL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20nabilla.salsabilaputrie2019%20nabilla.salsabilaputrie2019.pdf