?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=2013024004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MODEL+PjBL+TERINTEGRASI+STEM+(Science%2C+Technology%2C+Engineering%2C+and+Mathematics)+TERHADAP+KREATIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM&rft.creator=Reny+Septina%2C+Dewi&rft.subject=370+Pendidikan&rft.subject=500+ilmu+pengetahuan+alam+dan+matematika&rft.subject=507+Pendidikan%2C+penelitian%2C+topik+terkait+ilmu+pengetahuan+alam&rft.subject=570+Biologi&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengetahui+pengaruh+nyata+penerapan+model+PjBL+terintegrasi+STEM+terhadap+kreativitas+peserta+didik.+Penelitian+ini+menggunakan+desain+penelitian+Posttest+Only+Control+Group+Design.+Populasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+peserta+didik+kelas+X+SMAN+2+Gedong+Tataan+semester+ganjil+tahun+ajaran+2024%2F2025+yang+berjumlah+134+siswa.+Sampel+dalam+penelitian+ini+dipilih+menggunakan+teknik+Pusposive+sampling+dan+terpilih+kelas+X.2+yang+berjumlah+20+siswa+dan+kelas+X.4+yang+berjumlah+20+siswa.+Data+kuantitatif+diperoleh+dengan+LKPD+sebagai+penilaian+kreativitas+dimensi+proses.+Data+kualitatif+diperoleh+dari+hasil+produk+berupa+pupuk+dan+vlog+yang+dinilai+menggunakan+rubrik+penilaian+kreativitas+dimensi+produk%2C+sedangkan+respon+peserta+didik+terhadap+pembelajaran+diukur+menggunakan+angket+respon+peserta+didik.+Hasil+penelitian+berdasarkan+data+menunjukkan+bahwa+kreativitas+dimensi+proses+pada+peserta+didik+yang+menerapkan+model+PjBL+terintegrasi+STEM+mendapatkan+hasil+rata-rata+lebih+tinggi+dengan+kategori+tinggi+(88)+berbeda+nyata+dengan+kelas+kontrol+yang+termasuk+kategori+rendah+(56%2C25).+Pada+kreativitas+dimensi+produk+didapatkan+hasil+rata-rata+kelas+eksperimen+lebih+tinggi+dengan+kategori+sangat+kreatif+(86%2C6)+jika+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+yang+termasuk+kategori+cukup+kreatif+(53%2C3).+Hasil+uji+hipotesis+menggunakan+Independent+Sample+T-Test+didapatkan+nilai+Sig.+0%2C000+%3C+0%2C05%2C+yang+artinya+H0+ditolak+dan+H1+diterima.+H1+yaitu+terdapat+pengaruh+signifikan+penerapan+model+PjBL+terintegrasi+STEM+terhadap+kreativitas+peserta+didik.+Berdasarkan+hasil+angket+respon+peserta+didik+(92%2C5%25)+berpendapat+bahwa+model+PjBL+terintegrasi+STEM+dalam+pembelajaran+dapat+diterima+dengan+baik+oleh+peserta+didik.%0D%0A%0D%0AKata+kunci+%3A+PjBL+Terintegrasi+STEM%2C+Kreativitas%2C+Perubahan+Iklim.+%0D%0A&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-01-22&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83014%2F1%2FABSTRAK_RENY%2520SEPTINA%2520DEWI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83014%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520LAMPIRAN_RENY%2520SEPTINA%2520DEWI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83014%2F3%2FSKRIPSI%2520FULL%2520TANPA%2520BAB%25204%2520DAN%2520LAMPIRAN_RENY%2520SEPTINA%2520DEWI.pdf&rft.identifier=++Reny+Septina%2C+Dewi++(2025)+PENGARUH+MODEL+PjBL+TERINTEGRASI+STEM+(Science%2C+Technology%2C+Engineering%2C+and+Mathematics)+TERHADAP+KREATIVITAS+SISWA+PADA+MATERI+PERUBAHAN+IKLIM.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F83014%2F