%A Dewi Reny Septina %T PENGARUH MODEL PjBL TERINTEGRASI STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nyata penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 2 Gedong Tataan semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik Pusposive sampling dan terpilih kelas X.2 yang berjumlah 20 siswa dan kelas X.4 yang berjumlah 20 siswa. Data kuantitatif diperoleh dengan LKPD sebagai penilaian kreativitas dimensi proses. Data kualitatif diperoleh dari hasil produk berupa pupuk dan vlog yang dinilai menggunakan rubrik penilaian kreativitas dimensi produk, sedangkan respon peserta didik terhadap pembelajaran diukur menggunakan angket respon peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan data menunjukkan bahwa kreativitas dimensi proses pada peserta didik yang menerapkan model PjBL terintegrasi STEM mendapatkan hasil rata-rata lebih tinggi dengan kategori tinggi (88) berbeda nyata dengan kelas kontrol yang termasuk kategori rendah (56,25). Pada kreativitas dimensi produk didapatkan hasil rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dengan kategori sangat kreatif (86,6) jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang termasuk kategori cukup kreatif (53,3). Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test didapatkan nilai Sig. 0,000 < 0,05, yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. H1 yaitu terdapat pengaruh signifikan penerapan model PjBL terintegrasi STEM terhadap kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil angket respon peserta didik (92,5%) berpendapat bahwa model PjBL terintegrasi STEM dalam pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. Kata kunci : PjBL Terintegrasi STEM, Kreativitas, Perubahan Iklim. %D 2025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %R 2013024004 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints83014