%0 Generic %A Yulia, Anggraini %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:83025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SIMULASI PhET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL %U http://digilib.unila.ac.id/83025/ %X Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning berbantuan simulasi PhET dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bentuk molekul. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent pretes posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Mancak tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen sebesar 0,56 atau berkategori sedang, sementara kelas kontrol sebesar 0,36 atau berkategori sedang. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan spasial siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan rata-rata n-gain kelas kontrol pada materi bentuk molekul. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa model discovery learning berbantuan simulasi PhET efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial siswa pada materi bentuk molekul. Kata kunci: model discovery learning berbantuan simulasi PhET, bentuk molekul, kemampuan spasial