TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83031 UR - http://digilib.unila.ac.id/83031/ A1 - ANGGITA, PUTRI PRAMESTI Y1 - 2025/01/16/ N2 - Fenomena tingginya volume sampah yang melebihi kapasitas tempat pembuangan akhir serta munculnya permasalahan sampah di Kota Metro, seperti membakar sampah, membuang sampah sembarangan, kurang peduli untuk memilah sampah, dan mendaur ulang sampah menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi lingkungan Bank Sampah Hatim Berseri Kota Metro dalam membangun kepedulian masyarakat terhadap pengelolaan sampah. Penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi lingkungan menurut Manfred Oepen dengan teori komunikasi perencanaan (theory of planning) oleh Charles R. Barger dan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh dari enam informan yang terdiri dari informan primer, yaitu Bank Sampah Hatim Berseri serta informan sekunder, yaitu Dinas Lingkungan Hidup Kota Metro. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi komunikasi lingkungan Bank Sampah Hatim Berseri Kota Metro dilakukan dengan melakukan penekanan pada kegiatan edukasi secara langsung dari pada penyebaran informasi melalui media. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap pengelolaan sampah diikuti pula dengan keberhasilan pengelolaan sampah Kota Metro yang menunjukkan signifikan dengan mencapai target pengurangan sampah 30% dan pengelolaan sampah mencapai 70% sesuai dengan ketetapan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Lingkungan, Kepedulian Masyarakat, Pengelolaan Sampah. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - STRATEGI KOMUNIKASI LINGKUNGAN BANK SAMPAH HATIM BERSERI KOTA METRO DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH AV - restricted ER -