@misc{eprints83058, month = {Juli}, title = {PENGGUNAAN KONSELING KELOMPOK SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI AKADEMIK SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 METRO TAHUN AJARAN 2023/2024.}, author = {Wulandari Yulia }, address = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, publisher = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83058/}, abstract = {The problem in this research is students' low academic self-concept. The aim of this research is to determine the use of solution focused brief counseling (SFBC) group counseling in improving the academic self-concept of class XI Science students at MAN 1 Metro. This research design uses one group pre test - post test. The sampling technique used in this research was a purposive sampling technique with a sample of 10 people who were students with low academic self-concept. The results of this research were analyzed using the Wilcoxon test which showed that the use of solution focused brief counseling (SFBC) group counseling with a significance result of p = 0.005, (p {\ensuremath{<}} 0.05) which means that Ho was rejected and Ha was accepted. It was concluded that there was a significant increase of 47.1\%. between solution focused brief counseling (SFBC) class XI science students at MAN 1 Metro Key words: academic self-concept behavior, SFBC group counseling Masalah dalam penelitian ini adalah konsep diri akademik siswa yang rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok solution focused brief counseling (SFBC) dalam meningkatkan konsep diri akademik siswa kelas XI IPA di MAN 1 Metro. Desain penelitian ini menggunakan one group pre test - post test. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 10 orang yang merupakan siswa memiliki konsep diri akademik rendah. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji Wilcoxon yang menunjukan bahwa penggunaan konseling kelompok solution focused brief counseling (SFBC) dengan hasil signifikansi p = 0.005, (p {\ensuremath{<}} 0,05) yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan sebesar 47,1 \%. antara konseling solution focused brief counseling (SFBC) siswa kelas XI IPA di MAN 1 Metro. Kata kunci: konsep diri akademik, konseling kelompok SFBC} }