TY - GEN ID - eprints8306 UR - http://digilib.unila.ac.id/8306/ A1 - 0713021052, WAHYU NINGSIH Y1 - 2012/09/12/ N2 - Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa. Ciri khasnya adalah penomoran siswa pada masing-masing kelompok dan guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya tanpa memberi tahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompok itu. Penerapan pembelajaran konvensional di SMK N 2 Bandarlampung membuat siswa tidak terlibat secara aktif dalam interaksi belajar. Peran guru dalam pembelajaran terlihat lebih dominan sehingga berdampak pada rendahnya hasil siswa, yang ditunjukkan pada rendahnya presentase ketuntasan belajar siswa pada ulangan mid semester hanya sekitar 25%. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan bangunan SMK N 2 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013, sedangkan sempel penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Batu Beton (TBB) dan XI Teknik Konstruksi Kayu (TKK) yang dipilih secara acak. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest yang melibatkan dua kelompok. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT sama dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi pada Siswa Kelas XI Jurusan Bangunan Semester Ganjil SMK Negeri 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -