title: PERTANGGUNGJAWABAN TIKTOK TERHADAP KEBERADAAN PRODUK TIRUAN YANG MELANGGAR MEREK TERKENAL DI TIKTOK SHOP creator: Mayang , Maulita subject: 340 Ilmu hukum description: Perkembangan e-commerce telah memunculkan tantangan baru, salah satunya adalah pelanggaran hak kekayaan intelektual berupa penjualan produk tiruan merek terkenal. TikTok Shop sebagai salah satu platform e-commerce memiliki tanggung jawab untuk memastikan perlindungan hukum terhadap pemilik merek, namun pengawasannya masih cenderung reaktif yang menyebabkan banyaknya produk tiruan di platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggung jawab hukum TikTok Shop sebagai platform e-commerce dalam hubungan hukum dengan penjual, serta perannya dalam menangani pelanggaran produk tiruan merek terkenal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan dan studi kasus. Jenis data yang digunakan data sekunder, termasuk peraturan perundang-undangan dan literatur hukum. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi dokumen. Analisis data dilakukan secara kualitatif, komprehensif, dan lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan hukum antara TikTok Shop dan penjual didasarkan pada perjanjian elektronik yang mengikat. Namun, kebijakan TikTok Shop dalam menangani pelanggaran produk tiruan masih reaktif, yaitu bertindak setelah ada laporan pemilik merek, sehingga memungkinkan peredaran produk tiruan tetap beredar dan melanggar Pasal 83 ayat (1) UU No. 20/2016 tentang Merek. TikTok Shop memiliki tanggung jawab untuk melindungi hak-hak mereka, termasuk pengembalian dana atau produk yang tidak sesuai, dengan prosedur yang transparan. Sebagaimana mengacu pada Surat Edaran Menteri Kominfo No. 5/2016 yang mengatur kewajiban platform dalam mengelola konten. Dengan demikian, TikTok Shop memiliki kewajiban hukum untuk melindungi merek khususnya merek terkenal. Kata Kunci: Tanggung Jawab, Pelanggaran Merek, TikTok Shop, Tiruan Merek Terkenal The development of e-commerce has presented new challenges, one of which is the violation of intellectual property rights (IPR) in the form of the sale of counterfeit products of well-known mark. TikTok Shop, as one of the e-commerce platforms, has the liability to ensure the legal protection of well-known trademark owners, but its supervision still tends to be reactive, which has led to the large number of counterfeit products on the platform. This research aims to analyze TikTok Shop's liability as an e-commerce platform in the legal relationship with sellers, as well as its role in dealing with infringement of counterfeit products of famous brands. This research uses normative legal research methods with a statutory and case study approach. The type of data used is secondary data, including laws and regulations and legal literature. The data collection methods used are literature study and document study. Data analysis is carried out qualitatively, comprehensively, and completely. The results show that the legal relationship between TikTok Shop and the seller is based on a binding electronic agreement. However, TikTok Shop's policy in dealing with infringement of counterfeit products is still reactive, namely acting after a brand owner's report, thus allowing the circulation of counterfeit products to continue to circulate and violate Article 83 paragraph (1) of Law No. 20/2016 concerning Trademarks. TikTok Shop has a responsibility to protect their rights, including refunds or non-conforming products, with transparent procedures. Referring to the Ministry of Communication and Information Circular Letter No. 5/2016 which regulates the obligations of platforms in managing content. As such, TikTok Shop has a legal obligation to protect trademark, especially well-known trademark. Keywords: Responsibility, Trademark Infringement, TikTok Shop, Imitation of Famous Brands. publisher: FAKULTAS HUKUM date: 2025-01-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83063/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83063/2/SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/83063/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Mayang , Maulita (2025) PERTANGGUNGJAWABAN TIKTOK TERHADAP KEBERADAAN PRODUK TIRUAN YANG MELANGGAR MEREK TERKENAL DI TIKTOK SHOP. FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/83063/