creators_name: ALIFYA , FAYZA PUTRI creators_id: 2056031007 type: other datestamp: 2025-02-11 14:20:31 lastmod: 2025-02-11 14:20:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @SATUPERSENOFFICIAL TERHADAP MINAT BERPIKIR PRODUKTIF PENGIKUT BERUSIA REMAJA (18-24 TAHUN) ispublished: pub subjects: 320 subjects: 384 full_text_status: restricted abstract: Instagram merupakan aplikasi media sosial yang berfokus pada berbagi dengan mengunggah foto dan video di media sosial. Menurut laporan We Are Social, pada Oktober 2023 ada sekitar 104,8 juta pengguna Instagram di Indonesia terutama usia remaja. Pada era modern, remaja tidak lepas dari media sosial yang dapat memenuhi hasrat ingin tahu dan mencoba hal baru, sehingga diperlukan media sosial yang sering untuk membantu meningkatkan motivasi produktifitas, salah satunya adalah akun @satupersenofficial yang mengunggah seputar Self Improvement dan Mental Health. Kebijakan yang berhubungan dengan pembatasan kontak sosial selama pandemi Covid-19 juga memiliki kaitan dengan kesehatan mental remaja, remaja merasa lebih depresi dan tidak produktif karena sulit untuk berinteraksi dan konsentrasi. Banyaknya pengikut pada akun @satupersenofficial mengindikasikan adanya pengaruh efek media dari konten terhadap afeksi dan konatif remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur besarnya pengaruh Instagram @satupersenofficial terhadap keinginan pengikut remaja dalam menumbuhkan minat berpikir produktif pada remaja. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei kepada 100 responden yang merupakan pengikut dari akun @satupersenofficial dengan kriteria remaja berusia 18-24 tahun. Hasil Penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari postingan mengenai berpikir produktif pada akun @satupersenofficial terhadap minat berpikir produktif pada remaja yang dibuktikan dengan thitung 20.182> ttabel 1,984, maka Ho ditolak dan H1 diterima, serta nilai pengaruhnya sebesar 80,6% dengan kategori kuat yang didasarkan pada uji koefisien determinasi (R2). Kata Kunci : Satu Persen Official, Berpikir Produktif, Motivasi Produktifitas ABSTRACK THE INFLUENCE OF @SATUPERSENOFFICIAL INSTAGRAM POSTS ON THE PRODUCTIVE THINKING INTEREST OF TEENAGE FOLLOWERS By : ALIFYA FAYZA PUTRI Instagram is a social media application that focuses on sharing by uploading photos and videos on social media. According to the We Are Social report, in October 2023 there were around 104.8 million Instagram users in Indonesia, mostly teenagers. In the modern era, teenagers are inseparable from social media which can satisfy curiosity and try new things, thus requiring frequent social media to help increase productivity motivation, one of which is the @satupersenofficial account that uploads about Self Improvement and Mental Health. Policies related to social contact restrictions during the Covid-19 pandemic also have implications for teenage mental health, teenagers feel more depressed and unproductive because it is difficult to interact and concentrate. The number of followers on the @satupersenofficial account indicates the influence of media effects of content on the affect and conative of teenagers. The purpose of this study is to determine and measure the influence of Instagram @satupersenofficial on the desire of teenage followers to cultivate an interest in productive thinking in teenagers. The method used employs a quantitative approach by surveying 100 respondents who are followers of the @satupersenofficial account with criteria of teenagers aged 18-24 years. The results of the study show a significant positive influence from posts about productive thinking on the @satupersenofficial account on the interest in productive thinking in teenagers, as evidenced by tcount 20.182> ttable 1.984, thus Ho is rejected and H1 is accepted, and its influence value is 80.6% with a strong category based on the coefficient of determination test (R2). Keywords : One Percent Official, The Productive Thinking, Productive Motivation date: 2024-05-22 date_type: published publisher: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ALIFYA , FAYZA PUTRI (2024) PENGARUH POSTINGAN AKUN INSTAGRAM @SATUPERSENOFFICIAL TERHADAP MINAT BERPIKIR PRODUKTIF PENGIKUT BERUSIA REMAJA (18-24 TAHUN). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83088/1/1.%20ABSTRAK%20-%20Alifya%20Fayza.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83088/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Alifya%20Fayza.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83088/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Alifya%20Fayza.pdf