@misc{eprints83089, month = {Juni}, title = {PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI }, author = {DEVINA MUTIARA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/83089/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi pendekatan STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Gelombang bunyi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design, sampel penelitian pada kelas XI F5 dan XI F6. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05. Penggunaan model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,966 yang berarti bahwa model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh besar terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi Gelombang bunyi. Kata kunci: Gelombang bunyi, PBL, Penguasaan konsep, Pendekatan STEM.} }