creators_name: MUTIARA , DEVINA creators_id: 1753022007 type: other datestamp: 2025-02-11 14:25:03 lastmod: 2025-02-11 14:25:03 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI ispublished: pub subjects: 370 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL terintegrasi pendekatan STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi Gelombang bunyi. Penelitian dilaksanakan di SMAN 5 Bandar Lampung. Desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design, sampel penelitian pada kelas XI F5 dan XI F6. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05. Penggunaan model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,966 yang berarti bahwa model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh besar terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL terintegrasi pendekatan STEM berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi Gelombang bunyi. Kata kunci: Gelombang bunyi, PBL, Penguasaan konsep, Pendekatan STEM. date: 2024-06-10 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: MUTIARA , DEVINA (2024) PENGARUH MODEL PBL TERINTEGRASI PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/83089/1/1.%20ABSTRAK%20-%20Mutiara%20Devina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83089/2/2.%20SKRIPSI%20FULL%20-%20Mutiara%20Devina.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/83089/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Mutiara%20Devina.pdf