%0 Generic %A SHAFARYANIDA, - %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:83094 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK %U http://digilib.unila.ac.id/83094/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 kelas/rombel. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian yaitu kelas XI F1 B dan XI F1 C. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kuantitatif, desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,547 yang berarti bahwa model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh rata-rata terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata kunci: e-LKPD, Gelombang Cahaya, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning.