TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints83094 UR - http://digilib.unila.ac.id/83094/ A1 - SHAFARYANIDA, - Y1 - 2024/06/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 6 kelas/rombel. Teknik pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan pada penelitian yaitu kelas XI F1 B dan XI F1 C. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Kuantitatif, desain penelitian ini menggunakan Non-equivalent Control Group Design. Hasil uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yang berarti bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,547 yang berarti bahwa model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh rata-rata terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan e-LKPD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Kata kunci: e-LKPD, Gelombang Cahaya, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK AV - restricted ER -